Thursday, July 7, 2016

Pengertian Kurikulum 2013 Secara Luas

Kurikulum merupakan salah satu faktor dan unsur yang paling menentukan dalam memberikan kontribusi serta pelayanan dalam mewujudkan proses kegiatan pembelajaran.

Disamping itu kurikulum juga dimaksudkan untuk mendapatkan kualitas dan output yang cemerlang pada siswa-siswi anak negeri di seluruh indonesia.

Kurikulum perannya dalam pendidikan, sewajarnya digunakan untuk mengatur, memproses dan mengembangkan perubahan ke arah sumber daya manusia yang bermanfaat, bermartabat, intelektual tinggi yang cinta tanah air dan bangsa.  

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang dirintis dan dikembangkan untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berpartisipasi aktif dalam dinamika perubahan penemuan-penemuan dan pengetahuan-pengetahuan baru yang mencakup kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan secara terpadu.

Oleh karena itu, kurikulum sebagai landasan utama pendidikan senantiasa mengarah dan dikembangkan sejalan dengan perubahan zaman, sehingga pengembangan kurikulum 2013 ini merupakan sebuah langkah lanjutan terhadap pengembangan kurikulum sebelumnya yakni kurikulum berbasis kompetensi (KBK) yang disahkan pada tahun 2004 silam serta lanjutan dari pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang juga dirintis pada tahun 2006.

Lebih lanjut, sebagai pembenahan dan penyempurna dari kurikulum sebelumnya, penerapan kurikulum 2013 pada proses kegiatan pembelajaran mencakup pada:

Berorientasi pada karakteristik kompetensi yaitu sikap (krathwohl), menerima, menjalankan, menghargai, menghayati dan mengamalkan, keterampilan yaitu; mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyajikan dan mencipta, pengetahuan. Dalam (Bloom & Anderson)  yaitu mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi dan mencipta.

Menggunakan pendekatan saintifik, karakteristik kompetensi sesuai jenjang SD menggunakan pembelajaran tematik terpadu.

Kurikulum 2013 dikembangkan dengan berbasis pada kompetensi yang memang sangat diperlukan sebagai acuan untuk mengarahkan siswa menjadi 
  1. Manusia yang berkualitas yang mampu dan proaktif dalam menghadapi tantangan zaman secara global selalu berubah. 
  2. Manusia yang terdidik yang beriman dan bertaqwa kepada TuhanNya, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri.  
  3. Menjadi warga negara yang demokratis dan bertangung jawab.
Demikian sekilas pengertian kurikulum 2013 secara umum.(mp).





No comments:
Write comments