Thursday, December 3, 2015

Desktop Publishing dengan XARA

Desktop Publishing (disingkat DTP) adalah pembuatan dokumen dengan menggunakan keterampilan tata letak (Lay-Out) di sebuah komputer personal.  Perangkat lunak ini dapat menghasilkan tata letak, teks-teks yang berkualitas dan juga gambar-gambar dibandingkan dengan pengetikan biasa.  Teknologi desktop publishing juga membuat orang awam, pelaku bisnis dan juga badan organisasi untuk menerbitkan sendiri hasil cetakan media mereka.  DTP juga merupakan rujukan untuk menghasilkan karya digital teks. Bila digunakan dengan keterampilan yang mumpumi, bahkan DTP mampu menghasilkan juga berbagai macam jenis cetakan, mulai dari majalah, buku, booklet, sticker dsb.

Beberapa jenis perangkat lunak DTP diantaranya;



XARA PAGE LAOUT menduduki perangkat ke tiga dalam review tersebut.  Perangkat lunak ini digunakan oleh baru sebagian kecil user.  Sebenarnya XPL memberikan kemudahan yang lebih untuk sebuah perangkat DTP.  Untuk mencoba aplikasi tersebut, bisa di download di sini:

1. XPL (Xara Page Laout)

2. XPL (Xara Page Laout) File ini sama dengan link diatas, hanya dipecah menjadi 2 masing-masing
    - XPL satu
    - XPL dua

Extract masing-masing ke dalam foldernya.  Selanjutnya ikuti perintah di layar. Selesai. Enjoy.  Selamat Mencoba.










2 comments:
Write comments
  1. pak ijin saya lupa untuk mengoperasikan aplikasi xara, klo mau liat tutorial untuk membuat page layout secara lengkap dimana pak, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba googling dengan keyword "XARAZONE". Mudah2an membantu:

      https://cse.google.com/cse?cx=partner-pub-2698861478625135:7463904445&ie=UTF-8&q=xarazone#gsc.tab=0&gsc.q=xaraxone

      Delete