Thursday, July 10, 2014

Hydrogen Mobil

Mobil telah banyak mengalami perubahan sejak Henry Ford and Co sampai dengan hari ini.  Akan tetapi yang tidak berubah tentunya pemakaian bahan bakarnya yang terus mengalami kenaikan harga. Henry Ford sendiri mungkin akan terkejut dengan kondisi konsumsi bahan bakar yang ada sekarang ini.

Toyota, salah satu produsen mobil dari Jepang terkenal dengan teknologi penciptaan mobil yang hemat bahan bakar dengan mobil hy-brid nya.
Saat ini pabrikan ini tengah menyiapkan mobil ambisius mereka.  Sayangnya, mereka belum menentukan nama mobil tersebut, akan tetapi mereka telah mengeluarkan beberapa spesifikasi teknis mobil itu.

Toyota sedang mengembangkan mobil ramah lingkungan sejak dikeluarkannya tipe Prius.  Mobil kelas sedan ini rencananya akan di-release tahun 2015. Mobil ini akan menggunakan teknologi sel bahan bakar hidrogen sebagai bahan bakar dari mobil empat pintu yang belum diberi nama tersebut.

Perusahaan Jepang ini pertama kali memunculkan mobil tersebut tahun lalu sebatas sebagai mobil konsep.  Apa yang ada sekarang tidak jauh mengalami perubahan dan hanya menambahkan sedikit aksesoris yakni perubahan pada sisi cerminnya saja.

Toyota mengklaim bahwa mobil tersebut memiliki jarak 435 mil dengan hanya pengisian bahan bakar sekitar tiga menit.  Fitur ini menjadi kelebihan istimewa yakni penerapan teknologi sel bahan bakar hidrogen dibandingkan dengan mobil listrik.  Spesifikasi lainnya sampai saat ini belum berakhir.

Sedan ini akan memulai debutnya di Jepang April mendatang berharga sekitar 7 juta Yen (kisaran $70.000) sebelum menuju Eropa dan Amerika Serikat pada musim panas 2015.  Harga tersebut menempatkan mobil ini sejajar dengan tipe Tesla model S yang tidak meragukan lagi sebagai pesaing terbesar dalam pengembangan mobil untuk sumber energi alternatif di pasaran otomotif.

Tantangan terbesar dengan harga tersebut tentunya juga akan jaminan ketersedian infrastruktur dukungan pengisian bahan bakar.  Seperti telah di demonstrasikan oleh Tesla dengan menyediakan jarian pengisian bahan bakar secara nasional sebagai fasilitas lalu lintas lintas negara yang kemungkinan besar akan dikerjakan dalam waktu singkat.

Kedepannya, Apakah Toyota akan menawarkan pengisian ulang bahan bakar gratis atau tidak seumur hidup belum terlihat.

No comments:
Write comments