Monday, July 14, 2014

Virus Terburuk dan Paling Merusak

Kemajuan teknologi terutama penggunaan internet menimbulkan dampak sisi negatif disamping sisi positifnya.  Hampir semua pengguna komputer pernah merasakan serangan penyakit yang disebut "Virus".  Perkembangan virus sendiri bervariasi dan selalu berubah-ubah tak ubahnya virus dalam dunia nyata. Resiko terinfeksi virus membuat pengguna was-was yakni hilangnya data dari media penyimpanan.  

Virus yang beterbaran di dunia internet tidak sebatas virus internasional, akan tetapi
perkembangan virus lokal juga terus bertambah. Dari beberapa virus internasional yang telah tercatat, terdapat beberapa diantaranya masuk dalam kategori "Terburuk" dan "Paling merusak" yaitu;....


1. I love You - 2000

Virus ini bernama "I love You" tidak tau mengapa diberi nama seperti itu. Target serangannya melalui email.  Email dikirimkan berikut lampirannya, dan ketika lampiran itu dibuka maka akan mengeksekusi dan menghapus file gambar sipenerima.  Tujuannya adalah mencuri password pengguna dan menyebar dengan cepat disebabkan akan mengirimkan email dengan sendirinya ke 50 daftar alamat email contact yang berada disetiap buku alamat Windows. 


Virus ini dapat menginfeksi 500.000 PC dan mengakibatkan kerugian sekitar $15.000.000.000.  Beberapa spekulasi muncul saat itu, bahwa virus ini berasal sari "Onel de Guzman"(red.Philipina) akan tetapi pihak berwenang tidak memiliki cukup bukti kuat untuk menangkapnya.


2. Code Red - 2001

Code Red merupakan sebuah program jahat mengekploitasi operating sistem komputer dengan OS Windows 2000 dan Windows NT.  Bekerja dengan cara memilih secara acak IP adress dan kemudian memindai sistem Windows sebelum menginfeksi PC lainnya.  



Virus ini mampu mendobrak sisem keamanan website untuk selanjutnya melumpuhkannya. Salah satunya yang terkena adalah website Gedung Putih (AS).  Akibatnya, pemerintah saat itu menutup akses publik sebagai perlindungan.  Virus ini berhasil menginfeksi 1.000.000  PC dan menyebabkan kerusakan sekitar $2.600.000.000.

3. My Doom - 2004

Jenis virus lainnya yang mampu menyebarkan diri sendiri melalu email adalah MyDoom.  Virus ini dengan cerdiknya mampu menyembunyikan dirinya sendiri seolah-olah seperti sebuah email biasa. 



Saat email terbuka oleh pengguna yang tidak curiga sedikitpun, kode perusakpun diluncurkan dan secara otomatis mendownload serta mencuri informasi yang berada di Outlook Address (Program emailnya Microsoft, paket installasi Windows).  Virus ini menyebabkan kerugian sekitar sekitar $38.000.000.000 dan menginfeksi sekitar 2.000.000 komputer.




4. Storm Worm - 2006

Tipe virus ini adalah Trojan, (Penunggang).  Infeksinya membuat komputer dapat diakses dan dikendalikan secara Remote  oleh hacker dibelakang virus.   Pengguna diakali dengan seolah-oleh mendownload program perusak akibat membuka link palsu berisi berita-berita terbaru ataupun video.  Dalam beberapa kasus, para peretas (hacker) juga menggunakan Storm Worm membuat botnets untuk mengirimkan email sampah melalui internet.





5. Slammer - 2003

Serangan virus lainnya yang juga dikenal sebagai Sapphire.  Slammer menginfeksi sekitar 200.000 komputer dan menyebabkan kerugian sekitar $1.200.000.000.  Virus ini mengirimkan sejumlah besar paket jaringan, dan mengakibatkan jatuhnya beberapa server.  Virus ini juga dapat menginfeksi begitu banyak komputer karena secara acak memilik IP address pengguna untuk menemukan korbannya.  Salah satu korbannya adalah panggilan telpon darurat di AS 911 di Washington dan Penerbangan.



Nah.. para pembaca sekalian, pernahkan kalian terserang virus seperti diatas? Menurut pendapat kalian, VIRUS apakah yang paling buruk yang pernah menyerang kalian sehingga menyebabkan kalian marah-marah, jengkel dan kesal setengah mati.  Silahkan komentarnya

1 comment:
Write comments
  1. Wah.. wah... untungnya belom pernah kena saya... ato memang enggak ketauan kali ya..

    ReplyDelete